Rabu, 13 Juni 2012

0 Review: Polandia Hambat Rusia Ke Perempat Final

Date: Rabu, 13 Juni 2012 07.30
Category:
Author: Khairul
Share:
Responds: 0 Comment
Bola.net - Dzagoev membawa Rusia unggul di babak pertama, tapi gol indah Blaszczykowski membuyarkan impian Beruang Merah untuk menjadi tim pertama yang lolos ke perempat final Euro 2012.

Laga Polandia kontra Rusia di matchday 2 Grup A Euro 2012, Rabu (13/6), berakhir sama kuat dengan skor 1-1.

Dalam pertandingan yang digelar di Warsawa ini, Polandia sebenarnya mengincar kemenangan perdana di Piala Eropa, sedangkan Rusia mengincar tiga angka demi mengamankan satu tiket ke perempat final.

Di kubu Polandia, pelatih Franciszek Smuda menurunkan kiper Przemyslaw Tyton untuk menggantikan posisi Wojciech Szczesny, yang mendapatkan kartu merah saat bermain imbang 1-1 melawan Yunani di matchday 1. Perubahan lain, Maciej Rybus mengisi tempat Dariusz Dudka.

Rusia memakai komposisi yang sama dengan saat menghancurkan Ceko 4-1 di matchday pertama. Meski gagal memaksimalkan sejumlah peluang kala melawan Ceko, Aleksandr Kerzhakov tetap dipercaya oleh pelatih Dick Advocaat untuk mengisi lini depan Rusia.

Di babak pertama, meski kalah dalam hal jumlah tembakan tepat sasaran, Rusia unggul penguasaan bola dan berhasil memimpin di penghujung laga lewat gol Alan Dzagoev yang meneruskan tendangan bebas Arshavin dengan pundaknya. Itu adalah shot on goal pertama dan satu-satunya Rusia di babak pertama serta gol ketiga Dzagoev di Euro 2012.

Keunggulan 1-0 itu berhasil dipertahankan oleh Rusia hingga jeda.

Babak kedua berjalan 12 menit, kedudukan kembali menjadi sama kuat setelah tendangan keras kapten Jakub Blaszczykowski dari luar kotak penalti menghunjam gawang Rusia. 1-1, dan Warsawa pun bergemuruh.

Laga yang sebelumnya berjalan 'damai' tanpa kartu langung berubah panas setelah terciptanya gol penyama kedudukan Polandia tersebut. Wasit bahkan langsung mengeluarkan dua kartu kuning, masing-masing satu untuk Lewandowski dan Denisov, akibat pertikaian keduanya pada menit ke-60.

Setelah itu, Rusia mengganti Kerzhakov dengan Pavlyuchenko dan Polandia memasukkan Mierzejewski urntuk menggantikan Dudka.

Hasil imbang ini memang membuat Rusia menunda kepastian lolos ke babak berikutnya, tapi mereka tetap kukuh di puncak klasemen sementara dengan empat poin. Polandia sendiri kini menghuni peringkat tiga dengan dua poin, kalah satu poin dari Ceko di posisi runner-up.

Persaingan di Grup A pun masih sangat terbuka menuju matchday pamungkas, tiga hari lagi.

Statistik Polandia - Rusia
Penguasaan bola: 40% - 60%
Shot (on goal): 15 (6) - 11 (2)
Corner: 4 - 6
Pelanggaran: 12 - 15
Offside: 2 - 2
Kartu kuning: 2 - 2
Kartu merah: 0 - 0
Penyelamatan: 1 - 5

Susunan pemain Polandia: Tyton; Boenisch, Wasilewski, Perquis, Piszczek; Dudka (Mierzejewski 73'), Polanski (Matuschyk 85'), Obraniak (Brozek 93'), Murawski, Blaszczykowski (c); Lewandowski.

Susunan pemain Rusia: Malafeev; Anyukov, Ignashevich, Zhirkov, Berezutski; Shirokov, Denisov, Zyryanov, Dzagoev (Izmailov 79'); Arshavin (c), Kerzhakov (Pavlyuchenko 70').

Pencetak gol:
0-1 (37') Dzagoev
1-1 (57') Blaszczykowski

Kartu kuning: Lewandowski (60'), Denisov (60'), Dzagoev (75'), Polanski (79').

Pada matchday terakhir, Sabtu (16/6), Polandia akan menghadapi Ceko di Municipal Stadium, Wroclaw, dan Rusia kembali lagi ke sini, National Stadium, Warsawa, untuk meladeni Yunani. (bola/gia)

Artikel Terkait :



Posting Komentar