Kamis, 20 Desember 2012

0 Review Silincer Fu Thailand di Vixion

14.17 Under From Khairul
[0 Comment]
Selamat datang bro sis di blog gw yang sederhana ini, Sekarang gw mau coba review silincer fu di motor vixion...

Oke lansung aja alasan gw pake silincer fu karena pertama suaranya yang garing garing gimana gitu ya, Kedua karena denger dari sebalah kalo pake silincer FU bisa ningkatin aksel. Dan yang ke tiga karena silincer FU modelnya keren. Dan yang terakhir karena silince FU termasuk silincer "semi" RACING!

Oke yang yang gw "RASAIN" (Karena gak gw tes di dyno) pas pake silincer FU
Yang pertama : Yang pasti suara lebih nyaring dari sedalpot standart (Ya iyalah -_-)
Yang kedua : Tarikan terasa lebih ringan, Bikin jadi pengen bejek gas terus -__-
Yang ketiga : Mungkin ini merupakan minusnya. BOROS BENSIN! -___-

Tapi pada akhirnya gw memilih untuk ganti lagi menjadi sedalpot standart karena
1. Gak kuat beli pertamax terus, Maklum kantong pelajar SMA hehe
2. Gak enak sama tetangga, Karena suaranya lumayan keras kalo jalan -_- Tapi pas idle lembut kok :D

Oh ya, biaya yang gue abisin baut ganti silincer FU ini Silincer nya (Rp38X.XXX) Leher costum (Rp25X.XXX) (Buat patokan harga aja)

Oh ya, Silincer FU ini di Indonesia agak langka, Soalnya ini barang ORI Suzuki Thailand

Ini Ada beberapa gambar :

Penampakan Udah Terpasang di Motor

Penampakan Dari Belakang

ORI SUZUKI Thailand

Nah ini yang bedain antara silincer THAILAND sama buatan lokal, Kalo tahiland lubangnya ada dua



Penampakan sama lehernya




Read More »

Senin, 17 Desember 2012

0 Cara Membuat Bom Sederhana Tapi Mematikan

10.31 Under From Khairul
[0 Comment]
Sebenarnya cara membuat bom itu tidak terlalu rumit, hanya saja yang patut disadari adalah resiko pembuatannya. Bahan-bahan kimia yang dibutuhkan beberapa bisa mencederai tubuh jika terkena kontak langsung. Pada umumnya semua bahan bahan yang dibutuhkan tersedia di toko kimia, tidak terlalu sulit mendapatkannya tentu saja jika uang anda cukup untuk mempraktekkan cara membuat bom ini.
Bom yang sesungguhnya memerlukan detonator dan potassium atau dalam kondisi tertentu timer yang bisa menentukan waktu ledakan. Tujuan bom diciptakan adalah:
1. Menghancurkan orang lain, dan atau,
2. Menghancurkan diri sendiri.
Untuk kategori yang kedua kita sebut dengan bom bunuh diri.
Jadi orang yang berkutat pada urusan bom terbagi pada dua kelompok.
1. Penjahat. atau,
2. Tentara.
Difficulty:
Easy
Cara Membuat Bom Rakitan
Things You Need:
Cottoclarin. + LAS.
Na2SO4.
Na2CO3
STPP .
Enzym AR
Bioenzyme (Bintik Biru), dosis pemakaian secukupnya.
Meskipun demikian, kedua tipe itu ada kesamaannya: Bekerja Untuk Menghancurkan.! Penjahat bertujuan menghancurkan peradaban (teroris), dan tentara bertujuan menghancurkan penjahat. Tentara dan penjahat adalah dua jalah hidupan yang berbeda.
Seorang perakit bom yang canggih seringkali memadukan kualitas daya ledak dan TI. Karena itu bom yang canggih seringkali menggunakan pemicu jarak jauh, menggunakan telepon genggam dan sebagainya dan seterusnya…. Tapi Boom yang ingin kita bahas kali ini tidak memerlukan detonator, potasium dan teknologi yang tinggi lainnya. Meskipun demikian saya jamin kekuatannya luar biasa ampuh merontokkan target. (Agar tidak rancu, anda perlu melihat terminology Boom yang kami maksud di ujung posting)
Bahan yang diperlukan untuk membuat boom rakitan:
1. Bahan Aktif.
Bahan aktif ini merupakan inti pembuatan bom sehingga bahan ini harus ada dalam pembuatan.. Secara kimia, bahan ini dapat berupa Sodium Lauril Ether Sulfate (SLES). SLES ini dikenal dengan namaCottoclarin, texapone ataupun ulta SLES. Secara fungsional bahan mempunyai andil dalam meningkatkan kedahsyatan bom rakitan. Ciri dari bahan aktif ini mempunyai busa banyak dan bentuknya gel translucent (pasta). Selain SLES, bahan aktif dari bom adalah garam Linear Alkyl Benzene Sulfonat (LAS), bentuknya gel/pasta berwarna kuning muda. Fungsi LAS sama dengana Ulta SLES, sebagai bahan utama pembuatan bom, dengan LAS, maka bom akan lebih keset.
2. Bahan pengisi.
Bahan ini berfungsi sebagai bahan pengisi dari keseluruhan bahan baku pembuat boom. Pemberian bahan pengisi ini dimaksudkan untuk memperbesar atau memperbanyak volume boom. Keberadaan bahan ini dalam boom semata-mata dilihat dari aspek ekonomis tujuannya agar bom rakitan kita murah meriah. Bahan pengisi tersebut disini menggunakan Sodium Sulfat (NA2SO4).
3. Bahan Penunjang.
Salah satu contoh bahan penunjang bom adalah (Na2CO3) yang bentuknya serbuk putih. Bahan penunjang ini berfungsi sebagai menambah daya. Keberadaan bahan ini dalam bom tidak boleh terlalu banyak, sebab dapat menimbulkan efek panas pada tangan. Bahan penunjang lainnya adalah STPP (Sodium Tripoly Posphate), kimia yang satu ini sering digunakan dalam bahan baku pupuk jenis tertentu.
4. Bahan Tambahan (aditif)
Bahan tambahan ini sebenarnya tidak harus ada di dalam pembuatan bom. Namun demikian, produsen mencari hal-hal baru untuk mengangkat nilai dari produk itu sendiri. Salah satu contoh bahan tambahan ini adalah Enzym AR. Bahan ini berbentuk serbuk putih yang berfungsi anti redeposisi).
5. Pemilihan Aroma.
Keberadaan bahan aroma ini sangat penting keberadaannya, sebab suatu bom dengan aroma yang baik, akan disukai pelanggan
6. Bahan tambahan untuk membuat bom yang kualitas istimewa:
Extrableach: 3-10%.
Lipozyme: 2-10%.
Protease: 2-10%.
Bioenzyme (Bintik Biru), dosis pemakaian secukupnya.
Komposisi kimia pembuatan boom:
1. Cottoclarin/Ultra Sles/Texapone 5-10% 2. LS:10%. 3. Na2SO4 10-20% 4. Na2CO3 35-50% 5. STPP 5-20% 6. Enzym AR 2-10% 7. Kimia Aroma.
Silahkan hubungi Toko Kimia Langganan anda. Sebagai informasi tambahan, Texapon (Na2SO4) dan (NaCO3) dibandroli dengan dollar oleh Bahtera Adi jaya. Masing masing 2 Dollar dan 3,2 Dollar per Kilogram. Sedang PT Cognis yang beralamat di Cimanngis jalan raya Bogor – Depok hanya melayani partai besar. Di toko grosir kimia Jakarta dan Bogor menjual Texapon bubuk dan Texapon Jel masing-masing kisaran 60 ribu perkilo dan 40 ribu perkilo. Bahkan Texapon import Jerman dihargai 150 ribu perkilo oleh Nauli Kimia, Bogor. Cukup murah/mahal membuat bom rakitan.
Peralatan yang dibutuhkan membuat bom: Wadah, pengaduk kayu, dan saringan bahan kimia. Untuk memproduksi bom dalam jumlah banyak bisa menggunakan alat POWDER MIXER.
Cara membuat Boom:
1.Cottoclarin + LAS diaduk rata.
2. Semua Bahan bahan serbuk diaduk rata.
3.(1) + (2) diaduk rata.
4. (3) + Bahan Tambahan .
5. Diayak dan dikeringkan.
6. Semprot dengan kimia aroma.
7. Dikemas dan siap dipasarkan.
Sebelum dipasarkan, sebaiknya uji dulu produk ini. Silahkan masukkan bubuk Boom kedalam rendaman cucian anda, atau mesin cuci anda. Jika Boom masih kurang balance dengan keinginan anda, pasti dosis kimia tertentu ada yang kelebihan atau kekurangan. Karena itu anda pasti sudah tahu bagaimana memperbaikinya. Saya berharap Boom anda benar-benar booming, dan pakaian anda benar-benar bersih dari noda. Saya harap boom yang telah selesai dirakit benar-benar dahsyat meluluh lantakkan noda yang membandel di pakaian anda. Satu lagi yang paling utama, bom ini tidak melukai orang lain, tidak meluluh lantakkan bangunan, dan tidak bisa dibuat jadi alat bom bunuh diri. Meski begitu, mengingat boom ini bernilai ekonomis, pasti akan cepat Meledak di pasaran...!
Selamat mencoba.

Read More »

Jumat, 14 Desember 2012

0 Ilmuwan Harvard Menduga Bulan Tercipta dari Bumi

01.10 Under From Khairul
[0 Comment]
Sebuah teori baru yang diajukan oleh para ilmuwan Harvard menyimpulkan bahwa Bulan dulunya adalah bagian dari Bumi yang lepas saat berputar setelah terjadi tubrukan dengan benda langit lain.

Dalam laporan yang diterbitkan Rabu lewat jurnal Science, Sarah Steward dan Matija Cuk mengatakan bahwa teori mereka akan menjelaskan alasan Bumi dan Bulan memiliki komposisi dan unsur kimiawi yang mirip.

Bumi berputar sangat cepat pada saat Bulan terbentuk, dan satu hari berlangsung hanya 2-3 jam.

Dengan perputaran Bumi yang sangat cepat itu, dampak dahsyat yang terjadi melontarkan cukup banyak materi Bumi untuk membentuk Bulan, menurut penjelasan para ilmuwan seperti diterbitkan oleh situs Harvard. http://www.fas.harvard.edu/~planets/...wart/Moon.html

Menurut teori baru tersebut, Bumi kemudian mencapai perputaran seperti sekarang melalui interaksi gaya gravitasi antara orbitnya pada Matahari dan orbit Bulan pada Bumi.

Para ilmuwan sadar bahwa teori mereka berbeda dari teori yang kini awam dipahami, yaitu bahwa Bulan tercipta dari lepasan materi raksasa yang pernah menubruk Bumi.

Stewart adalah profesor ilmu bumi dan planet di Harvard, sedangkan Cuk, seorang astronom dan penyelidik di SETI Institute -- pendukung penelitian pencarian kehidupan ekstraterestrial. Cuk tengah melakukan penelitian pasca-doktoral di Harvard.

Gmn gan ? stuju ga gan ?
klo ane ga stuju ya gan, krn jelas2 stiap planet ato pun bintang terbentuk dengan msing2 standar nya
gimana menurut kalian?



 
Read More »

Kamis, 13 Desember 2012

0 SNMPTN Tulis Resmi di Hapus

23.33 Under From Khairul
[0 Comment]
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memantapkan hati untuk menghapus ujian tulis pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013. Tahun depan, SNMPTN akan digelar hanya melalui jalur undangan.

Ketua SNMPTN 2013 Akhmaloka memaparkan, pola jalur undangan yang diterapkan pada SNMPTN 2012 kini menjadi pola tunggal dalam SNMPTN 2013. "Seleksia akan dilakukan berdasarkan nilai rapor dan prestasi lainnya, serta mempertimbangkan nilai ujian nasional (UN). Kemendikbud belum berpikir untuk mengubah pola UN," kata Akhmaloka dalam acara Launching SNMPTN 2013 di Gedung Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (10/12/2012) malam.
 
Dalam acara yang diikuti pimpinan PTN seluruh Indonesia ini, Rektor Institut Teknologi Banduing (ITB) itu merinci, ada 61 PTN di seluruh Indonesia yang turut serta dalam SNMPTN 2013. Selain itu, kemungkinan besar UIN Wali Songo, Semarang dan Universitas Terbuka juga akan bergabung dalam SNMPTN 2013.
"Diperkirakan 1,5 juta siswa SMA/sederajat akan mengikuti SNMPTN 2013," imbuhnya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh menyatakan, pola seperti ini sebenarnya memberikan kemudahan bagi lulusan SMA/sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Selain itu, implementasi kebijakan integrasi UN dengan SNMPTN secara tidak langsung memberi pengakuan dari "kakak", dalam hal ini PTN, kepada "adik", yakni SMA/sederajat.

"Jangan sampai tidak ada pengakuan akademik ini, kesannya ada semacam diskonektivitas antara jenjang yang di bawah dengan di atasnya," kata Nuh. (kampus.okezone.com)

"Bagaimana pendapat temen temen?"

Sumber
Read More »

0 Cerita Dari AIRROBOCOP 2012

16.20 Under From Khairul
[0 Comment]
Tepat pada hari minggu kemarin tanggal 11 Desember 2012, Saya dan teman-teman dari  RSMABI 1 Pamekasan / SMAN 1 Pamekasan, berangkat ke Surabaya untuk mengikuti lomba robot "AIROBOCOP" yang diselenggarakan oleh UNAIR (Universitas Airlangga). Lomba ini diikuti dari seluruh SMP, SMA dan SMK sederajat se Jawa dan Bali.

Terdapat 3 tim Yang ditunjuk untuk mengikuti kejuaraan ini, yaitu CAROX’S UCUP ACUP, CAROX’S DOA IBU, CAROX’S CIYUS MIAPAH dan tima saya sendiri "CAROX’S NEWBIE" :D perlu di ketahui carox's di sini merupakan nama dari sebuah tim robotika di SMAN 1 Pamekasan yang memiliki kepanjangan "Club Anak Robotika pameX'S"

Perjalanan ke Surabaya sendiri di lakukan pada hari sabtu tanggal 10 Desember 2012 jam 2 siang pas satu jam sepulang sekolah. Kami memilih berangkat hari sabtu agar tidak kecapean dan bisa menseting robot pada malam harinya. Karna kebiasaan anak robotika yang tak pernah on time jadwal pun molor sampai jam setengah 4. Lumayan juga sih bisa sholat ashar dulu di sekolah :D
Tepat azan isya' kami tiba di Surabaya dengan selamat, tepatnya di sebuah rumah mewah di Permuhan Mentari milik temen Pak Lee (Pembina Carox's). Sampainya di rumah tersebut kami langsung melaksanakan shalat maghrib dan isya' secara berjamaah. 
Sesudah melakukan sholat kami istirahat sebentar sambil menunggu tukang nasi goreng yang di panggilkan oleh tuan rumah (Lumayan Gratisan :D) Sesudah makan kami lansung meyiapkan alat2 untuk menseting kembali robot kami masing.

Waktu saya mencoba untuk menjalankan robot saya, dan ternyata jalannya tak stabil tak seperti saat saya coba di Pamekasan -_____-. Saya pun kebingungan mencari permasalahannya dari jam sebilan malam sampai dengan jam 12 malam permasalahan itu pun belum di temukan sya pun makin pesimis untuk lomba besok. Untungnya jam 1 masalah itu pun terpecahkan, ternyata ada sebagian komponen yang sudah rusak (Mungkin karena di coba terus :D) Parahnya lagi saya lupa membawa persediaan komponen. Saya pun makin bingung, mau beli pun pasti toko2 udah tutup semua karena udah jam 1. Saya pun memutuskan untuk minta tolong pada salah satu kakak kelas saya yang kebetulan kuliah di surabaya (PENS) Mas Didit namanya. Karena dia baik dia bersedia untuk membeli komponen yang saya butuhkan besok pagi sesudah subuh. Pikiran saya pun lumayan tenang. Karena sudah larut malam dan takut besok malah sakit saya memutuskan untuk tidur. 

Pagi harinya sesudah sholat subuh saya mencoba menghubungi temen saya lagi untuk mengingatkannya, dia bilang sudah mau berangkat jadi saya menunggu saja di rumah tersebut sambil sekalian mandi. Jam setengah 6 teman saya datang membawa pesanan saya. Akhirnya pun saya langsung memasangnya jam 6 pas robot saya sudah selesai saya perbaiki, dan saya langsung mencobanya di track yang saya bawa dari Pamekasan. Robot pun berjalan mulus saya optimis untuk lomba hari ini :D
Jam 7 pagi kami tiba di kampus C Universitas Airlangga, rupanya di sana sudah banyak peserta lain yang sudah datang. Kami pun langsung mendaftar ulang dan memasuki arena pertandingan. Pada babak penyisihan sistem pertandingannya di ambil 23 tim dengan waktu tercepat. Alhamdulillah semua tim dari CAROX'S masuk semua :D

Pertandingan pun berjalan sengit sampai babak 4 besar. Dan alhamdulillah tim saya "CAROX'S NEWBIE" masuk pada babak tersebut :D Pertandingan pun bejalan sampai saya memperebutkan juara 1 dan 2. Dan musuh saya saat itu dari tim "Sembarang Team" yang sudah terkenal akan kecepatan robotnya. Saya agak takut menghadapi tim itu, akhirnya dengan sedikit strategi saya memenangkan pertandingan tersebut.
Alhamdulillah ini juara pertama saya di luar pulau Madura :D
Setelah pemberian piala dah hadiah selesai, kami Pulang lagi ke Pamekasan :D

Dan doakan saya untuk Lomba LKE di Politeknik Negeri Malang tanggal 5 Januari mendatag, Semoga bisa juara lagi :D

Oh iya ini ada vidio waktu final CAROX'S NEWBIE vs SEMBARANG TEAM

Read More »

Sabtu, 25 Agustus 2012

0 Astronom AS Temukan Gugus Galaksi Baru

21.45 Under From Khairul
[0 Comment]
Metrotvnews.com, Washington: Para peneliti Amerika Serikat (NASA) mengumumkan telah menemukan gugusan galaksi masif yang menjadi salah satu struktur terbesar di alam semesta. Gugus galaksi itu berjarak 5,7 juta tahun cahaya dari Bumi dan memiliki rekor-rekor kosmik baru yang penting.

Dalam siaran pers, Rabu (15/8), Pusat Astrofisika Harvard-Smithsonian menyatakan bahwa pengamatan terhadap gugus tersebut menunjukan adanya tingkat pembentukan bintang yang tinggi. Hal ini dapat mendorong para astronom berpikir ulang mengenai bagaimana struktur-struktur kolosal dan galaksi yang mendiaminya berevolusi seiring waktu.

Dengan nama resmi SPT-CLJ2344-4243, gugusan galaksi tersebut juga diberi nama "Phoenix" yang diambil dari burung mitologi yang bangkit dari kematian. Hal itu terkait dari konstelasi di mana ia berada. Namun menurut Michael McDonald, anggota program Hubble di Massachusetts Institute of Technology, Phoenix juga melambangkan daya pikir hebat mengenai keajaiban astronomi terbaru.

"Sementara galaksi-galaksi di pusat sebagian besar gugus telah tidak aktif selama miliaran tahun, galaksi utama di gugus ini masih hidup dengan ledakan pembentukan bintang," ujar McDonald, penulis utama makalah tentang Phoenix, yang muncul di jurnal Nature, edisi 16 Agustus.

Berdasarkan pengamatan Observatorium Sinar-X Chandra di NASA, Teleskop Kutub Selatan milik Yayasan Sains Nasional di AS dan delapan observatorium lainnya, para peneliti mengatakan pusat gugus Phoenix terkait dengan pembentukan sekitar 740 massa matahari atau bintang per tahun.

Secara perbandingan, tingkat pembentukan bintang di gugus Perseus 20 kali lebih lambat daripada Phoenix.

“Kecepatannya sangat luar biasa,” ujar Marie Machacek, ahli astrofisika dari Observatorium Astrofisika Smithsonia. Ia mengatakan bahwa gugus besar seperti Phoenix diperkirakan terdiri dari ribuan galaksi dan masih banyak yang harus dipelajari mengenai apa yang ada di dalamnya.

Lubang hitam yang sangat masif di galaksi utama dari sebuah gugus sejak lama diasosiasikan dengan tingkat pembentukan bintang yang lambat, karena memompakan energi ke sistem dan mencegah pendinginan gas yang diperlukan dalam pembentukan bintang.

Namun para ilmuwan mengatakan bahwa ledakan bintang masif tampak di Phoenix, saat ia melahirkan dua bintang per hari, yang disimpulkan sebagai kegagalan lubang hitam dalam menghalangi aliran pendinginan yang sangat kuat.

“Bintang dibentuk di gugus Phoenix dengan kecepatan tertinggi yang pernah diamati di gugus galaksi,” ujar Pusat Astrofisika Harvard-Smithsonian dalam pernyataan kepada pers.

“Obyek ini juga merupakan produsen sinar-X yang paling kuat dan paling masif di antara gugus galaksi lain. Data yang kami peroleh juga menunjukkan bahwa tingkat pendinginan gas panas di wilayah sentral pada gugus adalah yang tertinggi yang pernah diamati.
Read More »

Kamis, 23 Agustus 2012

0 Fenomena Aneh tertangkap Kamera International Space Station

22.22 Under From Khairul
[0 Comment]
Sebuah fenomena aneh dan juga langka berhasil tertangkap kamera International Space Station (ISS)
Fenomena ini memperlihatkan cahaya merah biru yang berkedip ribuan kali dalam satu detik feneomena ini terlihat dari ISS dan berhasil diabadikan oleh astronot yang berada di ISS pada tangal 30 April 2013 Lalu.
Fenomena yang sering disebut sprite ini terjadi diketingian 80 km dari permukaan Bumi. Cahaya merah biru yang terlihat sangat cepat ini biasa terjadi ketika badai besar  terjadi di Bumi.
“Fenomena ini sangak spektakuler. Selain terjadi dalam waktu cepat, bisa saja Anda melewatkannya ketika berkedip. Fenomena ini juga berada di titik buta manusia,” tutup geofisikawan Hans C. Stenbaek-Nielsen dari University of Alaska, AS.
Gambar pertama sprite muncul pada Juli 1989 oleh para peneliti di University of Minnesota.

Read More »

0 Robot Cacing Bakal Jadi Mata-Mata Pentagon

21.47 Under From Khairul
[0 Comment]
Wah, teknologi perang masa depan semakin canggih. Para insinyur di Pentagon diam-diam menciptakan robot yang meniru gerakan cacing. Fungsinya tentu saja untuk kegiatan mata-mata a.k.a. mengintai musuh.

Teknik itu memungkinkan dibuatnya mesin dari bahan lunak yang bisa menyusup melalui ruangan sempit dan menyesuaikan bentuk tubuh saat melalui permukaan kasar.

Robot Cacing
 Robot itu juga bisa menerima benturan keras tanpa kerusakan fisik.
Proyek Meshworm yang didanai oleh unit riset Darpa Pentagon itu, berpotensi digunakan untuk kepentingan militer.

Mesin dibuat oleh para peneliti di
Institut Teknologi Massachusetts (MIT) dan Universitas Harvard di AS dan Universitas Nasional Seoul di Korea Selatan.
Detail penelitian dipublikasikan di jurnal IEEE/ASE Transactions on Mechatronics.

Robot cacing
 "Tubuh yang lunak sangat sesuai, menunjukkan tekanan besar dan memungkinkan robot memasuki lubang kecil dan menyesuaikan bentuk tubuh serta bertahan dari dampak keras jika terjatuh," tulis para insinyur tersebut.

Mereka menambahkan bahwa menggunakan gerakan seperti cacing membantu mengurangi suara yang biasanya dihasilkan oleh mesin dan membuat robot cacing itu cocok untuk "kegiatan pengintaian."


Robot itu juga akan tetap berfungsi dengan baik bahkan jika dipukul dengan palu dan diseret karena bentuknya dapat menahan efek benturan. 

Read More »

0 Kompor Tanpa Api Ciptaan Mahasiswa Indonesia

21.37 Under From Khairul
[0 Comment]
Mahasiswa jurusan Teknik Elektro Universitas Pendidikan Indonesia menciptakan kompor inovatif. Kompor itu bukan saja lebih efisien, melainkan juga mudah, aman, dan nyaman untuk digunakan.

Ganjar Candra Sumindar, mahasiswa yang menciptakan kompor ini, menamai inovasinya Komnet alias Kompor Magnet. Ia mempertunjukkan hasil karyanya di Technopreneurship Island di RITech Expo, yang digelar di Sasana Budaya Ganesha, Bandung, 8-10 Agustus 2012.

kompot canggih buata indonesia tanpa api hebat
Kompor Magnet

Ganjar mengatakan bahwa kompornya memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya, kompor ini tidak menghasilkan api sehingga lebih aman digunakan. "Kalau kita memanaskan dengan peralatan masak dari logam, kompor ini tidak akan membuat bagian pegangan alat masak itu panas," urainya.

Dalam pameran, Ganjar menunjukkan kertas pun jika ditaruh di atas kompor tak akan terbakar ataupun menjadi panas. Menurutnya, kompor ini hanya bisa memanaskan material yang bersifat magnetik. Kompor ini juga aman. Begitu peralatan masak tak ditaruh di atas kompor, maka kompor otomatis akan mati.

Bagian kompor terbuat dari bahan logam. Sementara itu, tungku terbuat dari bahan keramik yang dipilih karena cepat panas.

kompot canggih buata indonesia tanpa api hebat
Kompor Magnet

Bagaimana sistem kompor ini bekerja? Dasarnya dari pembuatan kompornya adalah induksi elektromagnetik. Listrik dihantarkan ke dalam lilitan kabel di dalam kompor sehingga tercipta induksi yang akan menghasilkan panas.

Berapa harga jualnya?

"Dayanya hanya 300 Watt. Harganya kalau sudah diproduksi massal untuk 1 tungku Rp 700.000 dan yang 2 tungku Rp 1,5 juta. Kita sudah sempat uji coba ke UKM," katanya.

Read More »

0 Cara Ngakalin Captcha Google (NEW!!!)

13.24 Under From Khairul
[0 Comment]
Permisi Gan,
ane mau sharing cara akalin captcha google nih..

Contoh 1,

Biasanya, kita cuma perlu ketik yang miring" seperti sebelah kanan
Yaitu: paiouse
Setelah itu sudah bisa posting...

Contoh 2,

Biasanya, kita cuma perlu ketik yang miring" seperti sebelah kiri
Yaitu: efigaloa
Setelah itu sudah bisa posting...

Namun,
Sekarang agak lain, ane udah coba berkali-kali ga bisa tembus.. Akhirnya ane coba ketik semua baru tembus. Sepertinya harus begitu

================================================== ========

AKHRINYA, ane coba satu cara, akhirnya bisa tembus gan...
Mengutip contoh diatas lagi.

Contoh 1,

Biasanya, kita cuma perlu ketik yang miring" seperti sebelah kanan
Namun sekarang anda perlu menambahkan minimal 1 karakter di sebelah kiri + spasi
Yaitu: a paiouse <------ ane tambahin huruf a+spasi
Setelah itu sudah bisa posting...

Contoh 2,

Biasanya, kita cuma perlu ketik yang miring" seperti sebelah kiri
Yaitu: efigaloa a <-------- Ane tambahin spasi+huruf
Setelah itu sudah bisa posting...

Semoga bermanfaat, Terima kasih sudah mampir gan
Read More »

Selasa, 21 Agustus 2012

2 Benarkah Bentuk Alam Semesta Seperti Terompet Yang Akan Ditiup Sebagai Sangkakala

14.46 Under From Khairul
[2 Comment]
Benarkah Bentuk Alam Semesta Seperti Terompat Yang Akan Ditiup Sebagai Sankakala Saat Kiamat
Senin, 20 Agustus 2012

“Sebelum kiamat datang, apa yang sekarang di lakukan oleh malaikat Isrofil?” Mungkin yang ada di benak kita malaikat Isrofil itu seperti sesosok seniman yang asyik mengelap terompet kecilnya sebelum tampil diatas panggung. Sebenarnya seperti apa sih terompetnya atau yang biasa juga dikenal dengan sangkakala malaikat Isrofil itu?

Sekitar enam tahun silam sekelompok ilmuwan yang dipimpin oleh Prof. Frank Steiner dari Universitas Ulm, Jerman melakukan observasi terhadap alam semesta untuk menemukan bentuk sebenarnya dari alam semesta raya ini sebab prediksi yang umum selama ini mengatakan bahwa alam semesta berbentuk bulat bundar atau prediksi lain menyebutkan bentuknya datar saja.

Menggunakan sebuah peralatan canggih milik NASA yang bernama “Wilkinson Microwave Anisotropy Prob” (WMAP), mereka mendapatkan sebuah kesimpulan yang sangat mencengangkan karena menurut hasil penelitian tersebut alam semesta ini ternyata berbentuk seperti terompet.

Di mana pada bagian ujung belakang terompet (alam semesta) merupakan alam semesta yang tidak bisa diamati (unobservable), sedang bagian depan, di mana bumi dan seluruh sistem tata surya berada merupakan alam semesta yang masih mungkin untuk diamati (observable).

Lihat gambar bentuk alam semesta dibawah ini:
Bentuk Alam Semesta
Di dalam kitab Tanbihul Ghofilin Jilid 1 hal. 60 ada sebuah hadits panjang yang menceritakan tentang kejadian kiamat yang pada bagian awalnya sangat menarik untuk dicermati.

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda :

“Ketika Allah telah selesai menjadikan langit dan bumi, Allah menjadikan sangkakala (terompet) dan diserahkan kepada malaikat Isrofil, kemudian ia letakkan dimulutnya sambil melihat ke Arsy menantikan bilakah ia diperintah.


Aku bertanya : “Ya Rasulullah apakah sangkakala itu?”

Jawab Rasulullah : “Bagaikan tanduk dari cahaya.”

Aku tanya : “Bagaimana besarnya?”

Jawab Rasulullah : “Sangat besar bulatannya, demi Allah yang mengutusku sebagai Nabi, besar bulatannya itu seluas langit dan bumi, dan akan ditiup hingga tiga kali. Pertama : Nafkhatul faza’ (untuk menakutkan). Kedua : Nafkhatus sa’aq (untuk mematikan). Ketiga: Nafkhatul ba’ats (untuk menghidupkan kembali atau membangkitkan).”


Dalam hadits di atas disebutkan bahwa sangkakala atau terompet malaikat Isrofil itu bentuknya seperti tanduk dan terbuat dari cahaya. Ukuran bulatannya seluas langit dan bumi. Bentuk laksana tanduk mengingatkan kita pada terompet orang-orang jaman dahulu yang terbuat dari tanduk.

Kalimat seluas langit dan bumi dapat dipahami sebagai ukuran yang meliputi/mencakup seluruh wilayah langit (sebagai lambang alam tak nyata/ghoib) dan bumi (sebagai lambang alam nyata/syahadah). Atau dengan kata lain, bulatan terompet malaikat Isrofil itu melingkar membentang dari alam nyata hingga alam ghoib.

Jika keshohihan hadits di atas bisa dibuktikan dan data yang diperoleh lewat WMAP akurat dan bisa dipertanggungjawabkan maka bisa dipastikan bahwa kita ini bak rama-rama yang hidup di tengah-tengah kaldera gunung berapi paling aktif yang siap meletus kapan saja.

Dan Allah telah mengabarkan kedahsyatan terompet malaikat Isrofil itu dalam surah An Naml ayat 87 :

“Dan pada hari ketika terompet di tiup, maka terkejutlah semua yang di langit dan semua yang di bumi kecuali mereka yang di kehendaki Allah. Dan mereka semua datang menghadapNya dengan merendahkan diri.”


Makhluk langit saja bisa terkejut apalagi makhluk bumi yang notabene jauh lebih lemah dan lebih kecil. Pada sambungan hadits di atas ada sedikit preview tentang seperti apa keterkejutan dan ketakutan makhluk bumi kelak.

“Pada saat tergoncangnya bumi, manusia bagaikan orang mabuk sehingga ibu yang mengandung gugur kandungannya, yang menyusui lupa pada bayinya, anak-anak jadi beruban dan setan-setan berlarian.”

Ada sebuah pertanyaan yang menggelitik, jika terompetnya saja sebesar itu, lalu sebesar apa si peniupnya dan lebih dashsyat lagi, bagaimana dengan Sang Penciptanya? Allahu Akbar!

Wallahua'lam Bisshowa.

Sumber 
Read More »

Minggu, 19 Agustus 2012

0 Ibnu Ismail Al Jazari, Bapak Robotika Modern

21.24 Under From Khairul
[0 Comment]

TEMPO.CO , Jakarta - Bicara soal robot, tak ayal kita juga akan mengingat Negara Jepang sebagai pelopor industri robot-robot cerdas dewasa ini. Jepang malah jauh meninggalkan negara-negara eropa yang terkenal dengan pengembangan ilmu pengetahuannya.

Akan tetapi tahukah anda, siapa orang yang pertama kali menemukan sistem robotika modern? Sebagian orang akan menyebut nama Leonardo Da vinci, sang Maestro Seni dan Pengetahuan abad pertengahan di Eropa. Pada tahun 1478 Masehi, Leonardo Da Vinci disebut-sebut telah mampu merancang sebuah robot yang selama ini diklaim sebagai robot pertama.

Namun jauh sebelum itu, Umat Islam telah mengenal Ibnu Ismail Al Jazari yang telah mampu menciptakan robot manusia (humanoid) yang bisa diprogram. Al Jazari mengembangkan prinsip hidrolik untuk menggerakkan mesin yang kemudian hari dikenal sebagai mesin robot.

Ada pun mesin robot yang diciptakan Al Jazari kala itu berbentuk sebuah perahu terapung di sebuah danau yang ditumpangi empat robot pemain musik; dua penabuh drum, satu pemetik harpa, dan peniup seruling. Robot ini diciptakan untuk menghibur para tamu kerajaan dalam suatu acara jamuan minum.

Ibnu Ismail Al Jazari diperkirakan lahir pada 1136 di Al Jazira, yang terletak diantara sisi utara Irak dan timur laut Syiria, tepatnya antara Sungai tigris dan Efrat.

Al-Jazari merupakan ahli teknik yang luar biasa pada masanya. Nama lengkapnya adalah Badi Al-Zaman Abullezz Ibn Alrazz Al-Jazari. Donald Hill, seorang ahli teknik asal Inggris yang tertarik dengan sejarah teknologi sempat mengatakan pujiannya kepada Al Jazari.

“Tak mungkin mengabaikan hasil karya Al-Jazari yang begitu penting. Dalam bukunya, ia begitu detail memaparkan instruksi untuk mendesain, merakit, dan membuat sebuah mesin” Katanya.

Al Jazari mengabdikan diri sepenuhnya kepada raja-raja Dinasti Artuqid di Turki dari 1174 sampai 1200, melanjutkan pengabdian ayahnya sebagai seorang insinyur dengan menciptakan berbagai mesin.
Atas permintaan Sultan Nasir al-Din Mahmud, Al Jazari menuliskan seluruh penemuannya dalam suatu risalah yang fenomenal, Kitab fi ma`rifat al-hiyal al-handasiyya (Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices). Setelah 25 tahun menjadi ahli teknik di bawah kepemimpinan tiga raja Dinasti Artuqid, ia wafat beberapa bulan setelah menyelesaikan karyanya.

Sumber
Read More »

Minggu, 12 Agustus 2012

0 Tips & Trik Cara Chat Menggunakan Twitter

11.12 Under From Khairul
[0 Comment]

Mati gaya tidak bisa apa-apain di twitter ?
Pengen chatingan seperti di Facebook bersama dengan teman-teman di twitter ?
Sekarang chatingan di twitter bukan mimpi lagi, suatu ektensi bisa anda gunakan untuk chatingan via twitter, sehingga mempermudah anda untuk berkomunikasi dengan teman-teman anda.

Gimana sih caranya ?
  1. Pergi ke website http://bonfire.im/extensions/
  2. Klik install yang warna hijau di sebelah kanan atas.
  3. Jika sudah, langsung menuju ke Twitter.com
  4. Nikmati saja sensasi obrolan via twitter.
Catatan :
- Teman anda harus sama-sama menginstall program ektensi ini.
- Hanya bisa digunakan untuk teman yang menfollow kita dan kita juga menfollow dia.
Read More »

0 VIDIO: Wanita di Sumpah Menjadi Batu

10.39 Under From Khairul
[0 Comment]
Nak dikatakan pelik, tidaklah terlalu pelik. Mungkin juga boleh dikatakan sebagai misteri.


Satu video yang dimuat naik ke laman You Tube berjudul ‘Sumpahan jadi batu di mamah tanah PALOH ?’ semakin menjadi bualan di kalangan pengunjung laman tersebut.
Video berkenaan menceritakan tentang kononnya seorang wanita yang telah curang terhadap suaminya disumpah menjadi batu di dalam sebuah ladang kelapa sawit di Paloh, Johor.
Wanita itu dikatakan telah ‘ditukarkan’ menjadi batu ketika sedang asyik memadu asmara bersama teman lelakinya.
Persoalan yang semakin menjadi tanda tanya kepada umum ialah, benarkah kejadian sumpahan itu sememangnya berlaku?
Mengapa hanya wanita itu sahaja yang disumpah, bagaimana dengan pasangannya?
Melihatkan isi video tersebut, batu itu memang melihatkan bentuk badan seorang wanita yang sedang berbogel, lengkap dengan rambut yang panjang.
Mendengarkan penceritaan dari lelaki yang menjadi ‘voice over’ dalam video itu seperti kurang jelas tentang maklumat yang ingin disampaikan.
Boleh sahaja cerita itu diada-adakan atau batu itu hanyalah ukiran semata-mata. Apa-apa pun, kebenaran tentang ‘misteri’ sumpahan batu itu hanya penduduk di sekitar kawasan itu sahaja yang tahu.


Read More »

Minggu, 05 Agustus 2012

1 Fakta Tentang Teknologi MotoGP

19.38 Under From Khairul
[1 Comment]



Mesin MotoGP

Menyaksikan Valentino Rossi berduel dengan Casey Stoner di sirkuit tentu menjadi tontonan yang mengasikan dan menegangkan. Bagaimana tidak motor yang di tunggangi oleh para rider di motogp bisa melaju sampai 347 km/jam!

Dengan kecepatan segitu tentu tentu motor di motogp memerlukan teknologi yang handal baik untuk kemanan pembalap maupun kemampuan motor itu sendiri. Mulai dari mesin sebagai penghasil tenaga, rangka, dan ban sebagai penyalur tenaga yang mebuat motor bisa melaju dengan kecepatan tinggi, dan juga helem serta baju pengaman yang dikenakan pembalap sangat menarik untuk di ketahui.


Teknologi MotoGP


Sepeda motor untuk motogp di buat khusus dan memenuhi standar yang dibuat oleh penyelengara motogp. Satu lagi motor dengan kapasitas 800 cc dengan putaran mesin antara 17500 - 18000 ini tidak untuk dijual di pasaran dan tidak boleh di tunggangi dijalanan.

Sepeda motor motogp di buat dari material yang bermutu tinggi dan harga yang selangit seperti, titanium, serat karbon yang di perkuat.

Selain itu motor motogp di persenjatai dengan perangkat elektronik yang canggih termasuk telemetri, engine management systems, kontrol traksi, rem cakram karbon, dan teknologi mesin modern yang diadopsi dari teknologi mesin mobil F1.


Mesin Motogp yang digunakan adalah tipe empat langkah (4 tak), bisa terdiri dari dua selinder sampai enam selinder dan mempunyai berat minimal untuk masing-masing jumlah silinder.
  • 2 selinder kebawah berat minimal 133 kg
  • 3 selinder 140.5 kg
  • 4 selinder148 kg
  • 5 selinder 155.5 kg
  • 6 selinder atau lebih berat minimal 163 kg
Rem MotoGP
Dengan kecepatan puncak yang bisa mencapai 347 km/jam, rem merupakan senjata yang sangat di perlukan oleh para rider di motogp. Dengan rem yang mumpuni di tambah dengan skill, pembalap bisa melakukan overtaking di tikungan.
Rem motor di motogp harus memenuhi ringan, kuat dan tahan panas. Material yang digunakan biasanya serat karbon atau baja untuk cakramnya. Sebagai perbandingan untuk diameter yang sama cakram karbon beratnya 750 gram sampai 800 gram, sedangkan baja 1200 gram sampai 1600 gram.
Selain bahan, desain rem motogp sangat komplit karena akan mempengaruhi stabilitas saat pengereman, selain itu rem untuk masing-masing team di jatah 6 sampai 8 per musim dan di buat oleh dua pabrikan Brembo dan Nissin.
Ban MotoGP


Ban merupakan salah satu bagian vital dari motor. Ban berfungsi penahan beban baik saat akselerasi maupun pengereman, meredam getaran, halus saat mengelinding, daya cengkram yang baik dan tentu saja ketahanannya.
Ban motogp dari dua macam ada wet tyres untuk lintasan basah dan slick tyres untuk lintasan kering. Untuk sekali balapan ban ini mampu bertahan untuk jarak 120 km.
Untuk lintasan kering ban motogp mempunyai ulirnya halus, permukaan kontaknya ke aspal maksimal sehingga membberikan daya cengkram yang maksimal.
Ulir pada ban berfungsi untuk meningkatkan daya cengkram (menyerap energi saat karet terdeformasi).
Untuk membuat Ban digunakan berbagai bahan seperti pigmen, zat-zat kimia, kurang-lebih 30 jenis karet yang berbeda, benang-benang, kawat dan sebagainya. Proses lalu dimulai dengan mencampurkan bahan-bahan dasar karet dengan oli proses, warna hitam karbon, pigmen, anti-oksidan, akselerator dan berbagai zat tambahan lainnya. Masing-masing dari bahan ini menambahkan sifat tertentu pada campuran ini.
Helem pembalap MotoGP

Saat melaju dengan kecepatan sampai 340 km/jam tentu pembalap motogp perlu perlindungan ekstra, mulai dari baju sampai helem sebagai pelindung kepala.
Helem untuk pembalap motogp harus ringan, tahan benturan, nyaman, serta aerodinamis agar tidak mempengaruhi pembalap saat melaju dengan kencang.
Helem terdiri empat komponen utama yaitu, pelindung luar, bagian dalam, kaca depan dan mekanisme penguat.
Bahan helem terbuat dari fibre glass, karbon, dan campuran Kevlar dan polyurethane yang berfungsi untuk menenyerap energi saat terjadi benturan.
Kaca helem selain berfungsi untuk melindungi mata pembalap dari debu atau partikel. Selain itu kaca helem juga di rancang untuk meminimalkan pengaruh kabut atau hujan pada penglihatan pembalap.
Sistem ventilasi helem juga di desain sedemikian rupa sehingga di dalam helem terasa kering dan nyaman saat di gunakan.
Read More »

Minggu, 29 Juli 2012

0 Ulasan Lengkap Penembak Jitu a.k.a Sniper

21.57 Under From Khairul
[0 Comment]

Apa yang agan bayangkan ketika mendengar kata Sniper (sebagian menyebut sharp shooter)? Pasukan elite, mengendap2, dihutan, semak2, atas gedung2 tinggi, mengintai dan membidik musuh dengan senapan panjang dari jarak jauh? Dan ketika target berada tepat disasaran, BAAAMMM!!! Head Shot!!!

Well..agan bener, tapi taukah agan kalo tugas seorang sniper tidak semudah yg kita banyangin. Ketika seorang sniper melepaskan tembakan, ada banyak hal yang harus diperhitungkan dengan tepat sebelum sniper menarik pelatuknya. Kecepatan angin, arah angin, jarak, gerakan target, fatamorgana, sumber cahaya, suhu, tekanan udara, itu sebabnya sniper selalu bertugas berpasangan. Dan percaya apa enggak itu semua cuma awalnya aja gan

Disini TS akan mengulas lengkap tentang sniper, so cekidot!!!

1. Apa Yang Dilakukan Seorang Sniper?

Tak banyak yang mengetahui, apa yang benar2 terlibat dalam menjadi penembak jitu, itu dikarenakan sifatnya yang rahasia dan tersembunyi. Seorang sniper adalah seorang terntara yang sangat terlatih dan mengkhususkan diri dalam menebak dengan senapan khusus dan dari jarak yang sangat jauh. Mereka sangat mahir dalam hal mengendap2, infiltrasi, kamuflase, dan kemampuan untuk observasi.

Sniper ditugaskan dalam berbagai macam misi di medan perang, dan sebenernaya, tugas mereka tidak hanya soal menarik pelatuk (menembak sasaran). Peran utama seorang sniper di medan perang adalah pengintaian. Dengan beberapa kemampuan sniper yang TS sebutin di atas, sniper sering digunakan untuk menyelinap masuk kebelakan garis musuh, dan memberikan informasi tentang kekuatan, lokasi dan ukuran pasukan musuh.

Selain itu tugas seorang sniper di medan perang terkonsentrasi pada sasaran yang penting seperti komandan pasukan, pilot, teknisi, operator radio dll. Mereka dijadikan sasaran utama sniper dengan tujuan untuk mematahkan semangat dan mental pasukan musuh di medan perang. Bisa agan bayangin, agan lagi perang trus komandan agan kepalanya tiba2 hancur disebelah agan

Seorang sniper juga bisa ditugaskan sebagai pasukan pendukung di medan perang. Peran yang dimaksud adalah peran pengawasan dan peran penghadangan. Ketika seorang sniper dalam posisi pengawasan, sniper menempatkan dirinya ditempat yg tersembunyi yg memberinya pandangan luas ke medan perang. Disana dia dapat memberi bantuan kepada pasukan yg menyerbu pasukan musuh dengan cara penembak apa saja yang dianggap bisa membahayakan/menghadang laju pasukannya. Dan ketika sniper dalam posisi penghadangan, sniper membantu dari atap untuk mempertahankan posisi yang sudah dikuasi oleh pasukannya.




overwatch position
Manusia bukanlah satu2nya sasaran tembak seorang sniper, mereka bisa menjadikan generator, radio, pemancar, atau pasokan bahan bakar dan air sebagai sasaran untuk melemahkan musuh. Menembakan caliber .50 kepada mesin helikopter yang sedang terbang adalah lebih efektif daripada cuma menembak satu orang tentara saja

Karena sifat dari misi mereka, sniper tidak membawa peralatan yg banyak. Tapi mereka tidak pernah pergi sendirian. Dan mereka harus sabar bersembunyi, mengendap2 dalam semak2 bahkan sampai berhari2 untuk agar tidak terdeteksi pasukan musuh, dan mengambil waktu yang tepat untuk melepaskan tembakan. Pada poin berikutnya TS akan mengulas bagai mana tim sniper bekerja sama untuk menghasilkan "the perfect shot"


2. Snipers Team


sniper team
Altileri adalah jenis senjata yang harus disiapkan oleh beberapa orang kru (crew-served weapon). Senapan rifle juga termasuk dalam crew-served weapon, mesikipun hanya membutuhkan satu orang untuk menembakan senapan, dibutuhkan dua orang tentara untuk mencapai hasil maksimal dari sistem senapan sniper, itu sebabnya satu tim sniper terdiri dari dua orang. Yaitu sniper (penembak jitu itu sendiri) dan spotter (pengintai)

Spotter membawa scope tersendiri, scope yg lebih powerful dibanding dengan scope yang ada di senapan sniper itu sendiri. Spotter membatu sniper mengamati objek dan mempersiapkan tembakan. 

spotter
spotter scope
 Sniper dan spotter bekerja sama untuk sampai ke tujuan dengan aman dan diam-diam dan kemudian mempersiapkan posisi. Secara umum prosesnya adalah sebagai berikut:

1. Tim sniper menggunakan peta atau foto untuk menentukan rute terbaik ketujuan
2. Mereka berjalan atau "mengendap2" (lebih lanjut tentang ini nanti) dari titik pendaratan ke tujuan
3. Mereka mempersiapkan posisi
4. Mereka memastikan bahwa posisi mereka tersamarkan dengan baik
5. Mempersiapkan rute meloloskan diri, bahkan jika mereka berdua harus terpisah
6. Mencari/membidik lokasi target
7. Sniper mengambil posisi yang memungkinkan dia untuk menembak dengan sebaik mungkin, sementara spoter mengambil posisi disampingnya sedikit kebelakang, dan selurus mungkin dengan arah laras senapan ke target
8. Mereka bekerja sama untuk mengukur jarak target, membaca angin, dan sudut dan menyesuaikan variabel lain yang dapat mempengaruhi tembakan
9. Mereka menunggu waktu yg tepat untuk melepaskan tembakan ke target.

sniper and spotter
3. The Spotter

Setelah tembakan di ambil, spotter mengamati tembakan dengan maksud untuk menyesuaikan kembali bidikannya, kalau tembakan pertama tadi meleset. Spotter memperhatikan tembakan dengan cara yg menarik, pada saat peluru ditembakan keluar barrel, peluru mengeluarkan jejak uap ketika terbang menembus udara. 

jejak uap
Dalam misi observasi, sniper dan spotter dapat bergantian memata-matai musuh dengan scope mereka, ini untuk menghindari kelelahan mata dan memungkinkan salah satu dari mereka beristirahat sementara yg lain tetap mengawasi. Ini penting karena dalam banyak kasus mereka harus mengawasi objek sampai berhari2 lamanya

Tugas lain dari seorang spotter adalah melindungi sniper dan tim itu sendiri, mereka diwajibkan membawa senapan serbu otomatis seperti M-4 dan M-16. Ini penting untuk mengantisipisai serangan jika mereka sudah terdeteksi, karena senapan sniper sangat tidak efektif untuk jarak dekat. Hubungan antara mereka berdua sangat penting, sering kali mereka bertugas dibelakang garis musuh, jika misi mereka gagal, bukan tidak mungkin keselamat satu pasukan musuh akan terancam! 

senapan serbu yg wajib dibawa spotter M-4
senapan serbu yg wajib dibawa spotter  M-16
 4. Senapan Sniper

"One shot, one kill" adalah motto seorang sniper. Mencapai ini tidak akan mungkin tanpa senapan khusus dimodifikasi digunakan oleh sniper di lapangan. Sebuah senapan sniper seperti M-21 atau PSG-1 di tangan seorang sniper yang sangat terlatih bisa menjadi senjata mematikan dari lebih dari satu mil jauhnya! 

senapan sniper M-21

senapan sniper  PSG-1

 Pasukan elit Amerika Army Rangers menggunakan M-21 sebagai senapan standar untuk divisi snipernya. M-21 adalah upgrade dari M-14 dengan beberapa kelebihan yang dimaksudkan untuk akurasi tembakan secara maksimal. Bahan yang umum untuk senapan sniper moderen adalah fiberglass, bahan ini digunakan karena sangat baik untuk meminimalisir kelembaban, setiap pembengkakan pada bahan kayu akan sangat mempengaruhi tembakan. 

5. Scope

Selain senapan itu sendiri, komponen lain yang tak kalah pentingnya untuk seorang sniper adalah Scope (teropong)

scope
diagram
  Pada dasarnya sniper scope merupakan teropong khusus yang mengandung komponen untuk menempatkan crosshairs (tanda bidikan) kepada gambar yang telah di perkuat (diperbesar)

Ketika membidik melalui sniper scope, sniper mengkalkulasikan titik dari bidikan ke titik tabrakan (peluru). Secara sederhana, jika sniper menembakan peluru dari jarak 600 meter, titik dimana sniper membidik tidak akan menjadi titik dimana peluru itu akan mendarat. Banyak faktor yang mempengaruhi selama peluru itu terbang di udara menuju target. Idealnya seorang sniper menginginkan titik bidikan dan titip tambrakan peluru harus sama, maka dia harus menyusun titik tersebut, dengan pengaturan yang tepat dari kecepatan angin, arah angin, jarak, gerakan target dll. Ini semua membutuhkan perhitungan matematis yang sangat tepat!

Sniper scope mempunyai berat kurang dari 1kg dan pajang kurang dari 25cm, dilengkapi dengan lensa objektif ukuran 32mm. Itu berarti sniper scope bisa memperbesar gambar 10 kali dari gambar aslinya. Sniper memperkirakan jarak target dengan dots (titik-titik) yang ada didalam crosshairs.

crosshairs
Titik-titik mil mengelilingi pusat target dan memungkinkan sniper untuk memperkirakan jarak antara objek dan membuat penyesuaian untuk angin atau target yang bergerak.

Berikut TS cantumkan gambar pehitungan jarak melalui mil dots. Agan2 yg jago matematika pasti bakalan bisa jadi sniper handal nih 


 
Kalo ane mah udah mabok gan disuruh ngitung ginian :D



6. Ghillie Suits
ghilie suits

Yup, agan2 bener!! Ghillie Suits adalah kostum untuk sniper! Kata Ghillie berasal dari istilah Skotlandia yang berarti permainan dihutan liar. Untuk lebih lengkap mengenai arti kata ini silahkan googling ndiri ya gan, ane bingung nulisnya gimana soalnya bahasa inggris ane pas2an

Ok, back to Ghillie Suits. Pada dasarnya Ghillie Suits adalah seragam militer yang dimodifikasi untuk tujuan tertentu. Pada bagian perut dari Ghillie Suits dilengkapi dengan kanpas yg empuk untuk dipakai bertumpu badan dari sniper, untuk kepentingan pengintaian dalam jangka waktu yang panjang. Pada bagian belakang Ghillie Suits (dari belakang kepala sampai kaki) dilengkapi dengan jaring, untuk menempelkan berbagai material yang dicocokan dengan lingkungan untuk keperluan kamuflase.

Sniper modern tak hanya menutupi dirinya dengan Ghillie Suits, mereka juga mempunyai Ghillie Suits teresendiri untuk peralatan mereka, dari mulai senapan, radio komunikasi dan lain2. Ini sangat membantu mereka untuk membanyatu dengan lingkungan sekitar dengan sangat sempurna. Gak percaya?? Coba agan tebak dimana letak sniper dari gambar yg TS kasih dibawah ini:






 
Read More »