Selasa, 12 Juni 2012

0 Andrey Arshavin, Bintang yang Terbuang

Date: Selasa, 12 Juni 2012 06.38
Category:
Author: Khairul
Share:
Responds: 0 Comment



















TEMPO.CO , Warsawa:Kariernya di Arsenal sudah habis. Sejak April lalu, terpaksa dia bermain di bekas klubnya, Zenit Petersburg, dengan status pinjaman. Namun Arshavin belum habis. Bermain di rumah sendiri, grafik penampilannya justru meningkat. Ia pun menjadi kunci kesuksesan Rusia lolos ke putaran final Piala Eropa.

Kabar paling baru menyebutkan, dia menjadi arsitek permainan menyerang Rusia saat menghancurkan Republik Cek 4-1, Jumat lalu. Gol Roman Shirokov merupakan hasil umpan darinya.

Ia juga memiliki andil besar dalam gol keempat Rusia yang dicetak oleh Roman Pavlyuchenko. Sebuah umpan ala sepak kuda kepada Yuri Zhirkov serta sebuah umpan silang bagi Aleksandr Kerzhakov juga menjadi bukti bagaimana Arshavin merupakan sosok sentral bagi tim.
Pelatih Rusia, Dick Advocaat, pun mengakui pentingnya peran Arshavin dalam tim Rusia. “Ia merupakan pemain yang sangat penting bagi kami. Ia bekerja sangat keras dan bermain sangat luar biasa,” kata Advocaat. Ia telah tampil 56 kali membela Rusia dengan mencetak 16 gol.

Kelebihan Arshavin memang terletak pada kecepatan, kreasi, dan daya jelajah yang sangat tinggi. Gerakan menyisir sayap lapangan dan kemudian menghasilkan umpan yang siap dilahap para striker Rusia, macam Alan Dzagoev dan Pavlyuchenko, menjadi keahliannya.

Menang dalam pertandingan nanti malam melawan Polandia akan memuluskan langkah Rusia ke babak berikutnya. Tapi tentu hal itu tidak mudah. Robert Lewandowski cs akan tampil all out. Tak ada jalan lain, Rusia harus meredam kecepatan Lewandoswky atau Ludovic Obraniak.

Menjelang partai melawan Polandia, Arshavin tak ingin sesumbar. “Rusia tidak memiliki kecepatan yang cukup, kami bukan favorit juara,” tuturnya. Tapi, dia menyatakan, Rusia memiliki kelebihan berupa kolektivitas tim. “Tapi kami memiliki keuntungan karena kami telah bermain bersama untuk waktu yang cukup lama,” ucapnya.

Merendah, memang. Namun yang jelas, Arshavin akan kembali menjadi inisiator serangan Rusia. Misinya, mengamankan tiket ke perempat final dan membuktikan bahwa dia belum habis.

Biodata
Nama: Andrey Sergeyevich Arshavin
Tanggal lahir: Leningrad, 29 Mei 1981
Tinggi: 1,72 m
Posisi: Pemain sayap

Karier klub
Zenit St. Petersburg (2000–2008), tampil 236 laga, 52 gol
Arsenal (2009-sekarang), tampil 98 laga, 23 gol
Zenit St. Petersburg (2012 dipinjamkan dari Arsenal), tampil 10 laga, 3 gol

Karier tim nasional:
Rusia: Tampil 56 laga, 16 gol

Artikel Terkait :



Posting Komentar