Jumat, 28 Januari 2011

0 Selalu Sibuk, Robot Pekerja Merasa Bahagia

Date: Jumat, 28 Januari 2011 13.50
Category:
Author: Khairul
Share:
Responds: 0 Comment
Surabaya - Mengeluhkan pekerjaan yang bertumpuk dan menimbulkan stres memang wajar. Tapi jika bertemu robot yang satu ini, mungkin Anda akan teringat bahwa apa pun yang dikerjakan sepenuh hati akan menyenangkan diri sendiri.

pi4 Workerbot, demikian nama robot seukuran manusia dewasa itu, memang khusus diciptakan senang bekerja. Maka jangan heran, robot buatan PISA Project yang didanai Uni Eropa ini akan tersenyum gembira jika menerima banyak tugas yang membuatnya sibuk.

Dikembangkan di laboratorium Fraunhofer, Jerman, robot ini memiliki ujung jari yang sensitif yang membuatnya bisa melakukan tugas-tugas sulit bagi robot, misalnya menggenggam telur atau bola lampu.

Dikutip xp-robotic dari detikINET, Kamis (23/12/2010), Workerbot juga bisa menampilkan beragam ekspresi wajah. Selain itu, tubuhnya dilengkapi tiga kamera, dua tangan serta kaki yang kokoh yang membantunya melakukan berbagai tugas dengan baik.

"Jika sebuah perusahaan ingin memproduksi sesuatu dengan cepat namun terkendala pegawai yang jumlahnya terbatas, mereka bisa saja menyewa Workerbot dan mengintegrasikannya ke dalam ruang pekerjaan manusia," ujar salah satu ilmuwan di laboratorium Fraunhofer Dragoljub Surdilovic.

Dikatakannya, Workerbot sanggup bekerja 24 jam penuh dan akan sangat gembira jika dibuat sibuk. "Semakin sibuk, Workerbot akan semakin terseyum lebar. Jika Workerbot terlihat bosan, artinya dia tengah menunggu pekerjaan," tandas Surdilovic
 

Artikel Terkait :



Posting Komentar