Jumat, 28 Januari 2011

0 Romeo, Si Baik Hati yang Setia Temani Manula

Date: Jumat, 28 Januari 2011 13.54
Category:
Author: Khairul
Share:
Responds: 0 Comment
Surabaya - Dalam kisah drama, tokoh Romeo pasti akan berpasangan dengan Juliet. Namun berbeda dengan Romeo yang satu ini, dia tidak didampingi Juliet. Meski diberi nama Romeo, dia sama sekali tidak ada hubungannya dengan kisah drama percintaan melainkan tugas-tugas rumah tangga. Siapa dia sebenarnya?

Rupanya Romeo yang ini adalah robot yang diciptakan tim Aldebaran Robotics dari Prancis. Robot dengan tinggi 1,4 meter dan bobot 40 kilogram tersebut siap beraksi menangani berbagai tugas rumah tangga pada Maret 2011.

Dikutip xp-robotic dari detikINET, Senin (20/12/2010), Romeo akan berjalan mengelilingi seisi rumah, mengambilkan makanan dari dapur dan menyajikannya di ruang makan, membersihkan rumah dan membuang sampah. Romeo khusus diciptakan untuk menjadi teman serta pelayan setia bagi para manula dan orang dengan keterbatasan fisik.

Tim dari Aldebaran Robotics mengklaim, Romeo akan hadir dengan beberapa inovasi yang tidak dimiliki robot humanoid lain. Di antaranya empat ruas tulang belakang, sistem kontrol tungkai dan lengan baru yang lebih aman serta sistem komunikasi yang mengesankan.

"Kami ingin orang-orang berinteraksi dengan Romeo secara alamiah," kata Bruno Maisonnier selaku founder dan CEO Aldebaran Robotics

Artikel Terkait :



Posting Komentar