Selasa, 05 Juli 2011

0 Robot Pertama Memiliki Otot Tendon Tulang

Date: Selasa, 05 Juli 2011 16.18
Category:
Author: Khairul
Share:
Responds: 0 Comment
WartaNews-Zurich - Ilmuwan Swiss berhasil menciptakan robot pertama, yang memiliki semacam "otot","tendon","'tulang" untuk membantu bergerak. Semua terbuat dari plastik khusus yang baru dikembangkan.

Hebatnya, robot tersebut juga memiliki otak dengan kemampuan untuk mengoreksi kesalahan-kesalahannya, sebuah sifat yang sebelumnya hanya terlihat pada manusia.

Pencipta Ecci mengklaimnya sebagai robot yang paling canggih pertama di dunia yang pernah dibuat dengan tendon, otot, tulang, otak dan kemampuan visual manusia, meskipun hanya memiliki satu mata bergaya Cyclops.

Ecci terlihat seperti versi robot C-3PO yang dilucuti kulitnya dari karakter film Star Wars.

Dikembangkan oleh tim ilmuwan di University of Zurich, Ecci adalah singkatan Eccerobot. Ecce dalam bahasa Latin berarti Look atau Lihatlah.

Robot tersebut menggunakan serangkaian motor listrik untuk memindahkan sendi tendon yang terhubung ke komputer yang dibangun ke dalam otak Ecci, sehingga memungkinkannya untuk belajar dari kesalahan sendiri. Misalnya, jika ada gerakan yang menyebabkannya tersandung atau menjatuhkan sesuatu, maka informasi tersebut dipelajari dan dianalisa oleh Ecci untuk menghindari membuat kesalahan yang sama waktu berikutnya, sehingga memastikan itu tidak terjadi lagi.

Para ilmuwan sekarang berharap ciptaannya akan menghadirkan generasi baru bagi robot dan bisa membantu pengembangan anggota badan buatan.

Rolf Pfeifer, direktur dari laboratorium untuk kecerdasan buatan di University of Zurich mengatakan "Ini membuka banyak kemungkinan, tetapi akan membantu kita untuk memahami lebih baik, bagaimana cara bekerja perangkat manusia bergerak untuk tugas yang rumit."

Para ilmuwan bekerja pada proyek berbiaya multi juta pound selama tiga tahun, dengan dana yang disediakan sebagian oleh perusahaan swasta secara patungan, bersama dana dua juta euro dari Uni Eropa.

Saat ini, tim berencana untuk menghadirkan versi yang lebih lengkap dari Ecci dalam waktu dua bulan mendatang. (*/abi)

Artikel Terkait :



Posting Komentar