Rabu, 06 Juli 2011

0 Belajar Rakit Robot di Robota Robotics School

Date: Rabu, 06 Juli 2011 07.25
Category:
Author: Khairul
Share:
Responds: 0 Comment
Laporan Anne Maria, Wartawan Tribunnewsbatam.com

TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM
- Salurkan bakat, minat, dan hobi anak Anda di bidang Robotik bersama Robota Robotics School. Kursus di bidang robot yang sudah berdiri sejak satu setengah tahun silam ini, kembali menawarkan tiga program barunya, mulai dari anak usia sekolah dasar sampai dewasa.

Menurut Ito selaku pengajar, selama ini masih banyak masyarakat yang salah mempersepsikan mengenai bidang robotik.

Dikatakan Ito kepada tribunnewsbatam.com, robotik tidak cuma seperti yang ada di film-film seperti transformer, namun menggunakan automachine teknologi atau teknologi otomatis maka bidang inipun dapat ditemui di kehidupan sehari-hari.

Misalkan pada kalkulator, pergerakan pintu lift dan banyak lagi. Untuk program yang ditawarkan yakni Roborobo Robotics Course, Arduino Programming Course, dan Arduino Robotics Project Course.

" Untuk Roborobo Robotics Course bisa diikuti oleh anak minimal usia kelas 6 SD hingga SMP, dimana anak diajarkan merakit dan memprogram berbagai jenis robot dengan menggunakan Robotics Kits dari Korea. Seperti puzzle namun lebih komplekslah, karena sedikit-sedikit kita mengajarkan mereka elektronika. Lalu untuk Arduino Programming Course, kita ajarkan tentang bagaimana memprogram otak robot itu sendiri," paparnya.

Adapun memprogram otak robot tersebut dengan mempelajari physical computing dengan pergunakan bahasa program Arduino dan Board Mikrokontroler. Sedangkan program terakhir diungkapkannya merupakan program lanjutan, yakni Arduino Robotic Projects Course yang mempelajari siswa kursus merancang dan membuat project-project robotik aplikatif.

" Setiap program yang ditawarkan bisa dibayar secara bulanan maupun paket, untuk bulanan masing-masing program Rp 300 ribu per bulan dengan 8 kali pertemuan dalam sebulan . Sedangkan untuk paket, harga bervariasi yaitu Rp 1,2 juta untuk paket Roborobo Robotics Course dengan total 20 pertemuan. Kemudian Rp 1.250.000 untuk paket Arduino Programming Course serta paket Arduino Robotic Projects Course  dengan 24 kali pertemuan," lanjut Ito.

Dalam belajar, satu siswa akan didampingi langsung oleh satu instruktur. Namun, jika siswa ada yang ingin bergabung dalam satu tim pun bisa dengan maksimal tiga orang per timnya. Terakhir diungkapkan oleh Ito kepada tribunnewsbatam.com, untuk mengetahui apakah si anak benar-benar berminat dalam bidang robotik maka diadakan free trial satu kali selama 120 menit.

Artikel Terkait :



Posting Komentar