Selasa, 05 Juli 2011

0 Robot Robot Canggih Buatan Jepang

Date: Selasa, 05 Juli 2011 16.15
Category:
Author: Khairul
Share:
Responds: 0 Comment
Selain asimo yang sudah sangat terkenal dipenjuru dunia ternyata Negara Jepang masih punya banyak buatan robot robot lain yang tidak kalah canggih dan pintar. Berbeda dengan Amerika Serikat yang banyak pengembangan teknologi robot dimanfaatkan untuk penelitian objek luar angkasa, jepang lebih banyak mengembangkan robot yang bersifat humanoid (seperti manusia) dan bisa membantu pekerjaan manusia sehari-hari. Bermacam-macam pekerjaan yang bisa dilakukan oleh robot robot buatan jepang tersebut yakni memasak, mengangkat dan memindahkan barang, pelayan restoran dan banyak lagi pekerjaan rumah tangga yang bisa dilakukan dengan baik dan akurat.
Walaupun sebenarnya mungkin biaya yang dikeluarkan untuk membuat atau membeli robot-robot ini lebih besar biayanya ketimbang pekerjaan-pekerjaan rumahan yang kita anggap sepele, tapi memang kenyataannya di jepang robot-robot ini menjamur dan banyak bermunculan akhir-akhir ini. Tapi menurut saya masuk akal juga jikalau robot-robot ini dijadikan alternative sebagai pembantu pekerjaan rumah. Apalagi pekerjaan rumah tangga yang cukup banyak dan menyita tenaga. Tentunya anda tidak perlu khawatir dengan tertundanya pekerjaan yang anda tugaskan pada mereka, karena robot tidak mengenal lelah dan malas seperti manusia. Dan lagi anda tidak perlu mengeluarkan uang gaji bulanan seperti gaji pembantu yang setiap bulan haru anda bayarkan.
Supaya pembaca bisa lebih mengenal lagi robot robot canggih buatan jepang saat ini, berikut saya suguhkan beberapa diantaranya :
1. Robot Bayi Canggih dan Pintar
robot bayi canggih buatan jepangRobot ini layaknya seperti bayi berumur 3,5 tahun
2. Robot Motoman Yang Pintar Memasak

robot buatan jepang hina
Robot MotoMan SDA1 dari perusahaan Yaskawa Electric, Jepang adalah robot yang juga bisa memasak makananan yang digemari di Jepang yaitu Okonomiyaki (mungkin di Indonesia mirip dengan martabak telor). Sebenarnya robot ini sendiri diciptakan untuk merakit kamera digital disposable tetapi ternyata robot ini juga pintar untuk membuat okonomiyaki. Robot ini mempunyai tinggi 135cm dan berat 220 kg mempunyai 2 tangan yang cukup panjang sehingga mempunyai jangkauan yang luas. Seberapa hebatnya robot ini?? Lihat saja video berikut ini dimana sang robot dengan cekatannya merakit (assemble) kamera digital.


3. Robot Canggih Riba Yang Tugasnya Menggendong Pasien


robot jepang hina
RIBA (Robot for Interactive Body Assistance) adalah sebuah robot yang diciptakan oleh Japan Institute of Physical and Chemical Research (RIKEN) yang dikhususkan untuk mengangkat atau tepatnya menggendong pasien di rumah sakit. RIBA nantinya akan menemai para suster yang biasanya memang kesulitan untuk mengangkat pasien dari/ke atas ranjang. Selain menggendong pasien, RIBA juga dilengkapi dengan Face and Voice recognition dimana RIBA mampu menjalankan perintah melalui suara dan mengenali para suster atau orang yang bekerja di rumah sakit. Sayangnya RIBA yang beratnya mencapai 180 kg ini hanya mampu menggendong seorang pasien dengan berat sampai 61 kg.

4. Robot Pintar Jepang Hina
robot jepang hina
Membuat robot bisa membuat kopi saja sudah sulit tetapi yang dilakukan oleh seorang warga negara Jepang bernama ClockWork (nama samaran) ini sangat kreatif.
Dia bukan saja berhasil memodifikasi mesin robot untuk dapat membuat secangkir kopi tetapi juga melakukan modifikasi tampilan sebuah robot (Kondo KHR-2HV) menjadi sebuah robot dengan karakter Manga yang diberi nama HINA. HINA mempunyai tinggi 36 cm dengan berat 1,1 kg dan dikendalikan melalui sebuah remote control dan mempunyai sekitar 20 servo (motor) untuk menggerakkan beberapa bagian tubuhnya.

5. Robot Buatan Jepang Ninomiyakun
robot jepang ninomiyakun
Ninomiya-kun adalah sebuah robot yang bisa membaca buku melalui kamera yang ada di matanya. Robot ini bisa membaca seluruh jenis bacaan mulai dari koran sampai majalah dari awal sampai akhir. Buku atau koran diletakkan di bagian yang yang telah disediakan dan dengan teknologi mekanik yang ada, setiap lembaran bisa dibalik secara otomatis.
Saat ini Ninomiya-kun memang hanya bisa mengeluarkan suara robot tetapi para peneliti akan mencoba untuk membuat suara Ninomiya-kun lebih mempunyai perasaan sehingga bisa menyamai suara manusia.

Di dalam sistimnya, robot ini dapat mengenali 2.000 huruf kanji, hiragana dan katakana tetapi ke depannya, robot ini diharapkan dapat lebih banyak mengenal tulisan dan huruf lainnya.
Robot ini dibuat oleh Waseda University di Jepang dan mempunyai tinggi 1 m dan berat hanya 25 kg. Ninomiya-kun diharapkan dapat berguna bagi para orang tua yang mempunyai kesulitan untuk membaca dan juga orang tua yang malas untuk membacakan buku cerita ke anaknya sebelum tidur.

6. Robot Yaskawakun si Penjual Es Krim
robot jepang penjual es krim
Melihat penjual es krim saja semua anak pasti senang, apalagi yang jualnya itu sebuah robot yang lucu Yaskawa-kun adalah sebuah robot penjual es krim yang sedang menjual es krimnya di sebuah theme park di Jepang, tepatnya di Tokyo Summerland. Sama seperti dilayani orang, Yaskawa-Kun akan langsung membuat pesanan es krim bila anda sudah memilih jenis es krim dan juga membayarnya tentu saja. Bedanya, anda bisa memilih es krim melalui layar sentuh yang ada. Lihat videonya, keren juga ternyata.

Itulah diantaranya robot robot canggih buatan jepang yang sebagian besar difungsikan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan rumah sehari-hari. Contoh di atas mungkin hanya sebagian kecil dari semua yang ada di jepang dan mungkin kelak akan banyak lagi robot-robot canggih dan pintar yang akan bermunculan. Jadi bisa diakui bahwasanya jepang memang salah satu negara pembuat jenis jenis robot canggih dan pintar di dunia.

Artikel Terkait :



Posting Komentar