Selasa, 05 Juli 2011

0 Canggih Gan! Kendalikan Robot lewat Ipad!

Date: Selasa, 05 Juli 2011 16.06
Category:
Author: Khairul
Share:
Responds: 0 Comment
Era cloud robotik di Indonesia telah dimulai. Tidak hanya untuk kebutuhan operasional perusahaan. Teknologi cloud juga bisa dimanfaatkan untuk riset robotika. World Robotic Explorer (WRE) menunjukkan platform cloud robotik yang dikembangkannya dalam konferensi pers pekan lalu di WRE Thamrin City, Jakarta Pusat.

Cloud Robot adalah sebuah robot dengan "otak" berada di "awan" atau luar tubuhnya dan pengoperasian berbasis internet. Pengembangan ini mampu membuat kemampuan robot lebih tak terbatas dan dikembangkan tanpa perlu membuat fisik robot baru.

Platform robot yang dikembangkan WRE memiliki bentuk segitiga dan bergerak dengan roda. "Nantinya, kita bisa mengembangkan platform ini dengan bentuk yang kita inginkan sesuai dengan fungsinya," kata Jully Tjindrawan, pendiri WRE.

Menyebut salah satu kemungkinan fungsinya, Jully mengatakan, "Misalnya kita bisa buat robot yang menyediakan minuman, nanti kita tinggal buat body-nya, lalu dilengkapi dengan tray. Tapi geraknya tetap berbasis roda, bukan berjalan"

Platform cloud robot yang ditunjukkan itu dikontrol lewat iPad. Pengguna cukup memiringkan iPad ke kanan, kiri, depan dan belakang untuk membuat robot bergerak ke arah tersebut. Selain itu, robot pun juga bisa membuat gerakan memutar.

Jully mengatakan, platform robot ini dikembangkan dengan beragam sistem operasi. "Yang kita tunjukkan adalah platform robot yang diprogram mengerti bahasa Mac. Kita juga kembangkan yang berbasis Android dan Microsoft," ucap Jully.

Platform robot yang dikembangkan di lab Singapura ini adalah salah satu bentuk hasil Research & Development Rumah Robot. Menurut Jully, untuk mengembangkan platform robot ini, biaya yang dibutuhkan sekitar Rp 60 juta.

Jully berharap, adanya platform robot ini bisa memacu generasi muda, terutama yang tertarik pada robotika, untuk lanjut berkarya. "Kalau mereka dengar ini, mereka bisa terpacu untuk berkembang. Ini bisa jadi spirit," tutur Jully.

Artikel Terkait :



Posting Komentar