Kamis, 26 Mei 2011

0 Robot Ulat Pencari Harta Karun

Date: Kamis, 26 Mei 2011 20.02
Category:
Author: Khairul
Share:
Responds: 0 Comment

TEMPO Interaktif, Boston - Insinyur dari Tufts University, Boston, Amerika Serikat, menciptakan sebuah robot yang menirukan pergerakan rumit ulat. Robot bernama GoQBot ini merayap dan bergelung untuk menghindari musuh sehingga bisa dimanfaatkan untuk tugas berbahaya, termasuk mencari harta karun.

"Bagian tersulit adalah membuat robot ini menggulung dan menggelinding," ujar pembuat robot, Huai-Ti Lin. Sebelumnya, pembuat robot mampu membuat robot yang berjalan seperti ulat. Namun, Lin adalah insinyur pertama yang bisa menerapkan pergerakan melingkar dan menggelinding pada robot ulat.

Gerakan menggelinding teramati pada banyak serangga, seperti laba-laba malam di Sahara, ulat mirip udang di Panama, dan beberapa jenis kupu-kupu. Gerakan ini merupakan mekanisme pertahanan diri yang efektif karena membuat serangga bergerak sangat cepat. Pergerakan cepat ini memungkinkan robot menyusup ke tempat yang lebih luas. Sementara, saat merayap, robot bisa menerobos ruang yang sempit.

"Kami berharap robot ulat ini dikembangkan untuk menyisir daerah sempit dan berbahaya seperti pada operasi kemanusiaan maupun pencarian harta karun," kata dia.

Robot sepanjang 10 sentimeter berwarna hijau ini dibuat sejak tiga tahun lalu. Material robot berupa karet silikon dan kumparan membuat robot bisa bergerak fleksibel.

Artikel Terkait :



Posting Komentar