Kamis, 26 Mei 2011

0 Mendidik Robot Menggunakan Pedang

Date: Kamis, 26 Mei 2011 19.51
Category:
Author: Khairul
Share:
Responds: 0 Comment

KOMPAS.com — Dalam sebuah paper yang dipresentasikan pekan ini di IEEE International Conference on Robotics and Automation (ICRA) di Shanghai, China, ilmuwan dari Georgia Tech, AS, Tobias Kunz, memamerkan metode baru untuk menyempurnakan respons gerak robot otomatis. Namun, cara yang dikembangkannya cukup unik karena robot dilatih menggunakan pedang. 
Menurut Kunz, si robot mesti dibekali dulu dengan pedang dan dididik untuk menggunakannya. Membingungkan kan? Jika memang tujuannya membuat robot lebih aman dipakai, mengapa harus memberikan pedang kepadanya?
"Untuk mengupayakan robot yang aman dan fleksibel untuk pelayanan dan automasi, robot harus mampu melakukan aksi dengan aman ketika berkontak dekat dengan manusia," kata Kunz saat memperkenalkan metodenya.
Ternyata, menurut Kunz, cara untuk mendapatkan robot yang aman dan fleksibel adalah dengan memprogram robot sehingga ia berpikir manusia adalah musuhnya. Dengan membekali pedang dan melakukan tes pertarungan dengan pedang, robot bisa memprediksi gerakan manusia dan memutuskan bagaimana harus meresponsnya.
Kunz mengatakan, dengan pedangnya, robot bisa mempertahankan diri (hanya mempertahankan diri). Dengan mengajari robot menggunakan pedang, nantinya robot bisa bereaksi cepat dan aman di dekat manusia dan di tengah gerakan manusia yang sulit diprediksi.
Pengembangannya sejauh ini, robot yang dibekali pedang itu baru ada di komputer alias baru simulasinya. Namun, Georgia Tech sepertinya memang punya robot yang bisa menggunakan pedang sebenarnya. Kunz mengembangkan robot ini bersama rekannya, Peter Kingston, Mike Stilman, dan Magnus Egerstedt. Paper Kunz berjudul Dynamic Chess: Strategic Planning for Robot Motion.

Artikel Terkait :



Posting Komentar