Kamis, 26 Mei 2011

0 68 Tim Berlaga Kontes Robot di Surabaya

Date: Kamis, 26 Mei 2011 20.05
Category:
Author: Khairul
Share:
Responds: 0 Comment
REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA--Sebanyak 68 tim robot meramaikan Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) 2011 Regional IV (Jatim dan Indonesia Timur) di Gedung Robotika ITS Surabaya pada 7-8 Mei.

"Untuk KRI akan diikuti 16 tim robot, KRCI Battle diikuti delapan tim robot, KRCI berkaki diikuti 16 tim robot, dan KRCI beroda diikuti 28 tim robot," kata Wakil Ketua KRI-KRCI 2011 Regional IV, Dr Ir Endra Pitowarno M.Eng, di Surabaya, Jumat.

Didampingi Direktur Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) ITS Surabaya Ir Dadet Pramadihanto M.Eng PhD di sela-sela "technical meeting", ia menjelaskan KRI di Region IV akan diikuti 16 tim robot dari 16 universitas/politeknik.

"Semua peserta sudah mendaftar ke panitia sejak Kamis (5/5) dan mereka juga mengikuti technical meeting pada Jumat (6/5). Pembukaan akan dilaksanakan pada Sabtu (7/5) pagi oleh Rektor ITS," katanya.

Ke-16 universitas/politeknik peserta KRI adalah ITN Malang, ITS Surabaya, Politeknik Banyuwangi, PENS ITS Surabaya, Politeknik Negeri Jember, Politeknik Negeri Malang, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) ITS, dan STIKOM Surabaya.

Selain itu, STMIK Asia Malang, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Kanjuruhan Malang, Universitas Katholik Widya Mandala Surabaya, Universitas Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Negeri Surabaya, dan Universitas Udayana.

"Untuk KRCI, mulai tahun ini ada KRCI Battle yang merupakan 'robot soccer' (kontes robot pemain sepak bola) antar-humanoid. Ada delapan humanoid (robot setengah manusia) dari delapan universitas yang bertempur," katanya.

Sementara KRCI lainnya yakni KRCI berkaki (pemadam api) akan diikuti 16 tim robot dan KRCI beroda (pemadam api) juga akan diikuti 28 tim robot. "Untuk KRSI (kontes robot seni Indonesia) hanya akan dipertandingkan di tingkat nasional, bukan regional. "KRI-KRCI tingkat nasional akan dilaksanakan di UGM Yogyakarta pada 11-12 Juni," katanya.

Bagi juara KRI nasional akan dikirim untuk mengikuti Kontes Robot Dunia di Thailand, sedangkan juara KRCI Battle akan mengikuti Piala Dunia Robot di Meksiko dan KRCI lainnya akan mengikuti kejuaraan dunia di Amerika.

"Tema KRI 2011 adalah Larungan yang mengadopsi tema kontes robot dunia 2011 yaitu 'Loy Krathong'. Awalnya, robot menual merangkai krathong (karangan bunga) dengan enam stik, lalu bila rangkaian krathong selesai, maka robot baru diizinkan untuk bermain," katanya.

Setelah itu, robot otomatis mengisi rangkaian 'Sala' dengan krathong petal dan bunga, lalu rangkaian 'Sala' itu disusun pada 'Base Candle' dan robot otomatis membawa rangkaian yang sudah tersusun itu ke 'River Surface' yang bergoyang-goyang.

"Peta kekuatan di KRI terlihat merata, sedangkan KRCI masih bersifat menyebar dengan ada tim yang bagus dan ada yang belum bagus. Yang belum dapat diprediksi adalah KRCI Battle yang akan diikuti delapan robot humanoid, karena tergolong kontes yang masih baru," katanya.

Artikel Terkait :



Posting Komentar