Sabtu, 09 April 2011

0 Robot Bermain Bola

Date: Sabtu, 09 April 2011 22.30
Category:
Author: Khairul
Share:
Responds: 0 Comment
Robot sepak bola adalah pertandingan sepak bola yang dilakukan oleh robot-robot yang berukuran kecil dan dimainkan pada lapangan seukuran meja tenismeja. Robot sepak bola merupakan pertandingan lima lawan lima sepak bola robot kecil yang secara keseluruhan merupakan robot yang otonom. Autonomous robot adalah suatu robot yang mempunyai kemampuan untuk bergerak dan beradaptasi dengan lingkungan sekitar tanpa adanya capur tangan manusia. Robot harus mampu untuk bekerja sama dengan robot-robot lain untuk mencapai satu tujuan yaitu guna memenangkan pertandingan sepak bola. Sebuah kamera diletakkan diatas lapangan dipergunakan untuk mendapatkan gambar yang lengkap dalam permainan robot sepak bola, kamera tersebut mengirimkan data kepada komputer dari tim-tim(tim sendiri dan tim lawan) yang berada silapangan. Dari model gambar yang didapati transforasi daripada model dunia dibangunkan kedalam sistem komputer dengan mempergunakan kode warna bola dan robot yang berbeda berdasarkan daripada objek yang diterimanya. Untuk bola menggunakan bola golf warna oranye.
Robot
Gambar
Robot yang dipergunakan dalam Robot Sepak Bola
Secara umum sistem pada robot soccer terbagi kepada dua bagian yaitu bagian perangkat keras dan perangkat lunak. Pada bagian perangkat keras terdiri dari lapangan sepakbola (ukuran 4 x 9 m), autonomous robot, kamera CCD, komputer, bluetooth access point, dan sistem pencahayaan. Ketika robot berada didalam lapangan, kamera akan menangkap citra dan kemudian dikirimkan ke komputer melalui firewire port. Citra akan diproses dan diolah sehingga dapat menghasilkan suatu intruksi. Kemudian instruksi tersebut dikirim kepada robot melalui jaringan Bluetooth. Bagian yang paling penting dalam robot soccer adalah robot vision karena disinilah robot dapat mengenali lingkungan sekitarnya
Camera
Gambar
CCD kamera Basler untuk Visi Robot
Gagasan diadakannya robot sepak bola pertama kali lahir pada tahun 1995 di Advanced Institute of Science and Technology Korea. Robot sepak bola merupakan salah satu area penelitian yang menarik dalam sistem autonomous robot. Dalam pertandingan bola sepak robot, pergerakan dan strategi yang digunakan lawan tidak sepenuhnya dapat diprekdisikan dengan tepat. Karena adanya unsur persaingan dalam permainan tersebt maka diperlukan suatu tindakan yang bijaksana dan cepat. Hal Ini diperlukan pola permainan yang menarik sehingga pergerakan yang dilakukan oleh robot-robot tersebut tidaklah monoton, dengan demikian diperlukan kolaborasi dan kerja sama diantara robot-robot tersebut.
Installasi
Gambar
Installasi Robot Sepak Bola
Aturan-aturan permainan  yang digunakan dalam sepak bola manusia juga dipergunakan dalam robot sepak bola. Untuk mencapai tujuan tim robot bola sepak yang otonom, berbagai teknologi harus dimasukkan untuk mengkontrol control pergerakan robot yang sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.
Overview
Gambar.
Konfigurasi umum Robot Soccer (Kim et al., 2004)
Terdapat lima subsistem utama salam sistem robot bola sepak. Gambar 1 menunjukkan blok diagram sistem robot soccer level tingkat tinggi. 1) Sistem visi mengambil data posisi robot dan rintangan-rintangan maupun objek-objek lain yang ada dipersekitarannya. 2) Sistem strategi memutuskan robot mana yang harus bergerak dan menylesaikan permasalahan yang terjadi serta memilih solusi yang terbaik guna memenangkan pertandingan robot sepak bola. 3) Sistem komunikasi mengirimkan perintah dari CPU kepada robot, dalam hal ini kami menggunakan Bluetooth sebagai medaia komunikasinya. 4) On-board kontrol sistem memproses data yang diterima dari sistem komunikasi serta mengeksekusi perintah-perintah yang diperlukan. 5) Sistem Robot mengendalikan unsur mekanik pada robot yaitu pergrakan motor robot untuk menentukan pergerakan yang diperlukan.

Artikel Terkait :



Posting Komentar