Minggu, 27 Maret 2011

0 Review Macam-Macam ROBOT

Date: Minggu, 27 Maret 2011 22.52
Category:
Author: Khairul
Share:
Responds: 0 Comment
Dibawah ini ulasan singkat beberapa macam ROBOT yang berkembang di masyarakat. Silahkan disimak.
1. MICRO LIGHT CHASER
Micro Light Chaser termasuk robot phototropic yang peka terhadap cahaya, geraknya bisa mendekati/ mengikuti cahaya (photovore) , bisa juga menghindari cahaya (photophobe).
Micro Light Chaser tidak memakai processor (bukan programmable robot), robot ini “merasakan” cahaya lewat 3 resistor cahaya (LDR) yang mengirimkan sinyal untuk mengontrol 2 motor penggerak dan 2 LED. Dua (2) resistor variabel pada PCB digunakan untuk mengontrol kecepatan dan level cahaya yang ditangkap. Robot ini juga membutuhkan baterai. Jadi langsung siapkan senter dan main -main dengan robot cahaya ini!
2. LINE TRACER / LINE TRACKER / LINE FOLLOWER
Line Tracker yang sudah semakin terkenal di kalangan masyarakat ini memiliki kemampuan melacak jalur atau garis hitam linier. Sinyal dikirimkan melalui 2 Dioda Inframerah dan 2 penerima sinyal untuk merasakan tanah.
Cocok untuk pemula dalam hal robot, juga untuk anak -anak sekolah dalam kontes robot.
3. SOCCER ROBOT
Robot yang memiliki 6 kaki ini digerakkan oleh remote control 2 tombol. Anda langsung bisa memainkan robot ini dalam pertandingan sepak bola robot!
4. CATERPILLAR [PROGRAMMABLE]
Robot berbentuk seperti ulat ini dirancang tanpa kaki dan roda. Dilangkapi dengan 8 servo motor untuk pergerakan utama si ulat, dan sensor. Body dilengkapi berbagai macam komponen elektronik dan terbuat dai metal. Di bagian kepala, ada sensor LED yang akan berubah warna jika tersentuh sesuatu, 1 Roll sensor untu pergerakan ulat ketika jatuh dan 8 Degree of Freedom yang dikontrol oleh remote control. Siap-siap memiliki ulat ajaib di rumah anda!
5. ASURO ROBOT [PROGRAMMABLE]
Asuro dikembangkan oleh pusat aerospace di Jerman. Asuro dilengkapi oleh processor Atmel AVR RISC dan 2 motor. Asuro bisa diprogram jadi Line Tracer juga, dilengkapi dengan sensor hambatan/tabrakan, sensor odometer, 3 LED, dan IR interface untuk pemrograman.
6. MR. GENERAL [PROGRAMMABLE]
Mr General adalah sebuah robot platform yang memakai bread board yang bekerja hampir dengan semua processor. IR compound eye digunakan untuk mndeteksi benda juga sebagai pencari ruangan sederhana. Inframerah di robot ini digunakan untuk mendeteksi rintangan hambatan juga ujung-ujung arena. Servo yang berotasi terus-menerus membuta robot ini memiliki kecepatan dan arah yang dapat dikontrol. Denagn IR LED, robot ini bisa ngobrol dengan 2 atau lebih robot MR General lainnya. Robot ini juga bisa digunakan untuk pertandingan sepak bola.
7. MR. TIDY [PROGRAMMABLE]
Mr Tidy termasuk robot platform yang didesain untuk mencari kaleng-kaleng, gelas, dan benda lainnya berdasarkan ukuran, warna, dan berat. Menyensor warna dengan sensor RGB, ukuran dengan gripper (capit/tangannya), dan berat dengan sensor motor yang terdapat pada gripper. Root ini memiliki kemampuan untuk melakukan perluasan sensor, komunikasi, dan layar LCD.
8. RP 6
9. ROBOT ARM (SERVO ROBOT) [PROGRAMMABLE]
Sesuai nama, robot ini terutama digerakkan dengan 6 servo pada lengan / gripper. Robot ini mengusung kategori robot humanoid (manusia). Memakai torsi 13kg, dan processor atmega 168, robot ini dapat mengambil barang2 di sekitar anda.

Artikel Terkait :



Posting Komentar