Senin, 05 Maret 2012

0 Logo ITS dibajak perusahaan rusia ?

Date: Senin, 05 Maret 2012 16.13
Category:
Author: Khairul
Share:
Responds: 0 Comment
Sebuah Logo bisa dikatakan suatu bentuk gambar atau sekedar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, perkumpulan, produk, negara, lembaga/ Organisasi dan hal-hal lainnya yang dianggap membutuhkan hal yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya. Seperti halnya logo Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau yang lebih di kenal dengan ITS, logo dari ITS dilambangkan dengan simbol gerigi yang melambangkan teknnik atau teknologi, teratai, dan sebuah tugu (mungkin tugu pahlawan).


Tak hanya lagu, tarian, dan budaya, yang bisa dibajak, logo pun tak lepas dari aksi pembajakan, karena logo memiliki nilai penting dalam suatu nama dan gambaran institusi. Seperti logo Institut Teknologi Sepuluh Nopember yang dibajak oleh perusahaan rusia bernama “Inkom Teh Snab” jika disingkat jadi ITS juga.

Dilihat dari situsnya, Inkom Teh Snab sepertinya perusahaan sebagai pemasok berbagai peralatan industri. Mulai dari alat hidrolik, katup hidrolik, splitter, oil control, pompa dan lainnya. Mereka juga telah mengantongi sertifikasi ISO 9001 dan 14001.
Dari pihak ITS, Pak Totok R Biyanto, dosen Teknik Fisika ITS telah melakukan klarifikasi ke pihak Rusia. Dan pihak Inkom Teh Snab, memberikan tanggapan seperti ini :
“Dear Sir/Madams
We are shocked by it!
we ordered a logo design firm,
Yesterday we tried to find them
we realized that they no longer exist
for us it’s a shock!
We ask you to give us time to 1-2 weeks, we will remove the logo
We regret that it happened.
For us it is extremely bad situation
Thank you for your understanding
Best regards
[dikutip dari Mailing List ITS]“
Dan sudah jelas dalam balasan atau tanggapan tersebut, bahwa dari pihak Inkom The Shab tak mengerti dalam proses pembuatan logo tersebut, melainkan mereka memesan dan tertipu oleh pihak jasa pembuat logo, dan pihak Inkom The Shab meminta waktu 1-2 minggu untuk melepas atau menghapus logo mereka.
Link Terkait :
InkomTehSnab (www.1hydro.ru atau www.inkomtehsnab.ru)

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (www.its.ac.id)

Sumber

Artikel Terkait :



Posting Komentar